Selamat Datang di http://ubaidshakera.blogspot.com/ SaLam Pote Tolang..!.Selamat Datang di http://ubaidshakera.blogspot.com/ SaLam Pote Tolang..!. Pemuda: Siapa aku? “Benarkah Sudah Lupa Akan Dirinya ~ Poteh Tolang

Sabtu, 08 Maret 2014

Pemuda: Siapa aku? “Benarkah Sudah Lupa Akan Dirinya



Kepada siapa lagi jika tidak pada pemuda untuk menitipkan bangsa dan Negara ini, akan terus seperti itu kata orang tua bijak mewariskan pada penerusnya. Pemuda sebagai tunas bangsa selalu mendapatkan tempat istimewa yang masih dipercaya dan menjadi harapan untuk bisa melihat bangsa hari esok yang makmur dan bermartabat. Namun benarkah pemuda hari ini sudah menanamkan kesadaran besar itu, sikap mempertanyakan kembali pada hati nurani mungkin lebih penting untuk dilakukan daripada sekedar menjawab pertanyaan tersebut.
Melalui diskusi ini, perlunya mempertanyakan kembali sebuah eksistensi pemuda sebagai generasi harapan bangsa. Hal ini tentu menjadi sangat penting dan mendesak jika tidak ingin melihat bangsa Indonesia terus terbelenggu oleh nilai-nilai ketidakadilan, baik dari system kapitalisme global maupun system pemerintahan represif dan otoriter yang tidak pro terhadap kepentingan kerakyatan. Oleh sebab itu suka tidak suka sudah saatnya pemuda sadar dan mampu membekali dirinya dengan pola pikir yang kritis dan ditunjukkan dengan sebuah tindakan dan gerakan yang transformatif untuk mengawal dan menciptakan perubahan.
Berbicara perubahan sudah tidak asing ditelinga bahwa pemuda adalah agen of change. Penulis tertarik pada sebuah kalimat panjang yang menyatakan bahwa perubahan besar tidak akan menjadi sulit untuk diwujudkan apabila tidak dimulai dari diri sendiri. Dari dalam diri kita akan sadarkan sikap kritis dan tranformatif adalah sebuah pilihan dan keharusan guna melihat suatu kebenaran serta membongkar kepalsuan yang menyeret bangsa ini pada sebuah kepentingan kapital dan politik sebagai sahwat kekuasaan belaka.
Terlalu banyak bencana yang dialami oleh negeri ini yang katanya kaya dan subur, mulai dari kemiskinan yang tidak terselesaikan dan perselingkuhan elit dengan kekuasaan yang mengorbankan hak-hak rakyat demi sebuah kepentingan pribadi dan kelompoknya. Ayo..pemuda!! jangan kau bangga dengan tawaran kecanggihan global yang menggelapkan mata, sebut saja kecanggihan FB, BBM dan Androit misalnya, yang dapat membuat pemuda terlupa dan tertidur lelap untuk sekedar peduli melihat dan merasakan penderitaan yang sama sekali terlihat jelas di dapan mata kita. Penulis tidak mengatakan itu tidak penting, tetapi ambil sisi positifnya dan jangan terlena dengan kenyamanan yang menumpulkan daya kritis serta tindakan-tindakan yang transformatif demi perubahan yang adil dan sesuai dengan cita-cita bangsa.

oleh: Subaidi (Pembebasan 2009)
Di presentasikan di Follow Up materi PKT PMII Fak.Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar